Mengenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Juling

Mengenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Juling

Mata Juling, atau dalam istilah kedokteran Strabismus adalah salah satu gangguan masalah pengelihatan, dimana kedua bola mata pengidap strabismus tidak dapat melihat pada satu titik fokus yang sama.

Dengan mangetahui gejala mata juling atau strambimus anda dapat mengatasi masalah sejak dini.

Mata juling atau strambimus sebenarnya dapat dikenali saat anak-anak, kondisi ini terjadi karena otot mata yang mengubungkan dengan syaraf otak tidak berjalan dengan tepat, sehingga menyebabkan gerakan atau kondisi kedua mata bergerak kearah yang berbeda.

Ganguan mata seperti ini dibagi menjadi 4 macam, yaitu: esotropia (bola mata mengarah kedalam), exotropia (bola mata mengarah keluar), hyperopia (bola mata mengarah ke atas) dan hypotropia (bola mata mengarah kebawah), dan pengidap kelainan bola mata seperti ini sebanyak 7% dari anak-anak usia 6 tahun hingga 17 tahun.

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Mata Juling

Pada umumnya pengidap gangguan mata ini memiliki garis pandang depan yang dominan pada salah satu otot bola mata, dan bola mata lainya jauh lebih lemah. Hal ini menyebabkan mata yang dominan memiliki fokus lebih baik dari bola mata tidak dominan. Berikut faktor yang menyebabkan mata juling:

  1. Gangguan otot syaraf
  2. Faktor keturunan
  3. Komplikasi penyakit seperti panas tinggi yang disertai kejang-kejang
  4. Cedera saat proses kelahiran
  5. Resiko kehamilan seperti merokok
  6. Trauma atau kecelakaan, seperti mata pernah tertusuk benda tajam/tumpul
  7. Infeksi dari bakteri toksoplasma yang biasanya ditularkan dari hewan peliharaan

Penanggulangan Dan Cara Mengatasi Mata Juling

Jika pengidap mata juling tidak mendapatkan perawatan yang tepat, dapat menimbulkan masalah otak yang tidak dapat menangkap hal yang dilihat. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kondisi dimana mata akan tidak fokus, atau mata malas (amblyopia), dimana kondisi terparah bahkan dapat menyebabkan mata kehilangan daya pandang.

Mengenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Juling anak

Perawatan yang biasa dilakukan untuk pengindap strambismus adalah terapi kesatuan titik pandan atau penggunaan kontak lensa, dan dilanjutkan dengan operasi yang ditunjukan untuk memperbaiki otot dan syaraf mata.

Berikut beberapa cara mengatasi mata juling yang bisa anda lakukan:

  • Penggunaan kaca mata : penanggulangan kaca mata dapat membantu pengidap ringan, dimana kaca mata membantu fokus mata.
  • Menggunakan penutup mata: hanya untuk sementara, penutup mata digunakan untuk menutupi mata dengan kondisi otot yang kuat, sehingga merangsang otot mata yang lemah dapat lebih sering digunakan, sehingga kedua mata memiliki kemampuan yang sama.
  • Operasi otot mata : kemungkinan memiliki beberapa tahap operasi.

Meski telah melakukan operasi mata untuk membantu proses perbaikan mata, pengidap masih harus tetap untuk menggunakan kaca mata untuk memperbaiki konsidinya, dan tetap melakukan cek kesehatan.

Ada beberapa anggapan bahwa kita tidak boleh menggantung mainan yang bergerak diatas kepala bayi, karena akan menyebabkan mata juling. Untuk hal ini tidak sepenuhnya benar, namun pada beberapa artikel hal ini justru membantu mata, karena bayi akan menggerakan mata karena melihat mainan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *